rss

Sabtu, 01 Januari 2011

Pengajian Ghorib "YANBU'A"



















Al Qur'an merupakan kitab suci bagi umat islam, kalam Allah yang diturunkan melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, yang membacanya bernialai Ibadah. 
Perguruan Islam Mathali'ul Falah kajen merupakan salah satu Madrasah yang mengujikan Al Qur'an sebagai syarat kelulusan bagi siswa-siswinya.
Maka dari itu para Mutakhorrijin PIM merasa perlu mendalami betul bagaimana membaca Al Qur'an dengan. dan akhirnya para Panitia Tahtiman Mutakhorrijin PIM sepakat untuk mengadakan pengajian Al Qur'an. 
karena di dalam bacaan Al Qur'an banyak kalimat yang asing Panitia mengantisipasinya dengan Materi "Ghorib" (bacaan yang sulit). berangkat dari itu kami pun sepakat untuk menggunakan Kitab YANBU'A sebagai Kitab penunjang.
 



Tentang Yanbu'a

 















Thoriqoh baca tulis dan menghafal Al Qur’an YANBU’A?
Adalah suatu kitab Thoriqoh ?(metode)? untuk mempelajari baca dan menulis serta menghafal Al Qur’an dengan cepat, mudah dan benar bagi anak maupun orang dewasa, yang dirancang dengan rosm utsmaniy dan menggunakan tanda-tanda baca dan waqof yang ada di dalam Al Qur’an rosm Usmaniy, yang dipakai di negara-negara arab dan negara islam?

Juga diajarkan cara menulis dan membaca tulisan pegon ?(tulisan bahasa indonesia/jawa yang ditulis dengan huruf arab). Contoh-contoh huruf yang sudah dirangkai semuanya dari lafadh Al Qur’an, kecuali beberapa lafadh.?


Sejarah Timbulnya Yanbu'a
Timbulnya Yanbu'a adalah suatu usulan dan dorongan alumni pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an, agar para alumni selalu ada hubungan dengan pondok, disamping usulan dari masyarakat luas juga dari Lembaga Pendidikan Ma'arif serta Muslimat terutama dari cabang Kudus dan Jepara. Mestinya dari pihak pondok sudah menolak, karena menganggap cukup metode yang sudah ada, tapi karena desakan yang terus menerus dan memang dipandang perlu, terutama untuk menjalin keakraban antara alumni dengan Pondok serta untuk menjaga dan memelihara keseragaman bacaan, maka dengan tawakal dan memohon pertolongan kepada Allah tersusunlah kitab YANBU'A yang meliputi Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al Qur'an.?

Tujuan
1.       1. Ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa supaya bias membaca Al Qur’an
           dengan lancar dan benar.
       2. Nasyrul Ilmi ( menyebarluaskan Ilmu ) khususnya ilmu Al Qur’an.
       3. Memasyarakatkan Al Qur’an dengan Rosm Utsmany.
       4. Untuk membetulkan yang salah dan menyempyrnakan yang kurang.
       5. Mengajak selalu mendarus Al Qur’an dan musyafahah Al Qur’an sampai khatam.
Dan perlu diingat bahwa YANBU’A adalah sebagai salah satu sarana untuk mencapai tujuan, bukan sebagai tujuan.


  Tulisan 
       Ø Tulisan disesuaikan dengan Rosm Utsmany.
       Ø Contoh – contoh huruf yang sudah gandeng semuanya dari Al Qur’an 
  
  Siapa yang bisa menggunakannya ? 
  Semua ummat yang ingin bias membaca Al Qur’an dengan lancer dan benar

 Pergantian kitab
Pergantian dari kitab yang lain ke kitab YANBU’A tentu ada kendala dan kesukaran sebab materi yang dikandung setiap Juz\Jilid tidak sama dengan kitab yang lain.

       Siapa yang bisa mengajar YANBU’A ? 
       a. YANBU’A bisa diajarkan oleh :
           Orang yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan lancer dan benar.
  b. Al Qur’an bisa diajarkan oleh :
      Orang yang sudah Musyafahah Al Qur’an kepada Ahlil Qur’an.

 Cara belajar Al Qur’an 
      Yang biasa disebut Musyafahah ialah ada tiga macam :
        1. Guru membaca dulu kemudian murid menirukan.
        2. Murid membaca,guru mendengarkan bila ada yang salah dibetulkan.
        3. Guru membaca murid mendengarkan.
Tapi untuk imam qurro’ tak ada seorangpun yang belajarnya hanya mendengarkan, tercegahnya ini adalah jelas karenayang dimaksud belajar adalahsupaya bisa mengucapkan dengan betul, sedangkan setiap orang yang mendengarkan bacaan gurunya belum tentu bisa mengucapkan sebagaimana bacaan tersebut ( Al Itqon, hal. 10 )


0 komentar:


Posting Komentar