rss

Kamis, 09 Desember 2010

SEMINAR KITAB KUNING

Seminar Kitab Kuning
Sebagai penunjang tingkat kelulusan di Perguruan Islam Mathali’ul Falah Yang dimana tidak mengikuti kurikulum pemerintah dan nilai setandar pun berbada dengan sekolah- sekolah negri lainnya. Maka, Panitia Tahtiman Mutakhorijin (PTM) mempunyai inisiatif program baru yaitu diadakannya Seminar Kitab Kuning, program ini bertujuan untuk melatih para siswa kelas 3 Aliyah (Mutakhorijin) Mathali’ul Falah agar terbiasa dalam qiro’atul kutub dan persiapan testing qiro’atul kutub pada akhir tahun mendatang.
Dalam acara ini sebagai narasumber adalah Bapak K H Ali Fattah Ya’kub salah satu pengasuh pesantren waturoyo dan ustadz di Perguruan Islam Mathali’ul Falah, untuk pembawa acara saudara M. Safullah. Teknis penyampaian materi yaitu narasumber menjelaskan dan memberikan tips-tips tentang cara pembacaan kitab kuning, mulai dari devinisi isim, Fi’il, Huruf dsb. Setelah ringkasan materi yang beliau ringkas dari kitab-kitab nahwu disampaikan secara terperinci kemudian beliau mempraktekan langsung pada kitab-kitab.
Banyak diantara siswa kelas 3 Aliyah yang menginginkan diadakan acara ini secara rutin, misalnya Sholahuddin Hendi memaparkan bahwa “ Acara-acara kayak gini yang dibutuh kan siswa mutakhorijin sebagai bekal persiapan testing Kitab”. Gus Shofiyyul Lubab juga ikut memberikan pendapat “sebaiknya untuk acara yang dibutuhkan siswa mutakhorijin tidak di adakan cuma satu kali saja”.
Sebelum acara ditutup beliau meminta kepada salah satu dari audiens untuk mempraktekan membaca kitab, karena dari praktek membaca kitab tersebut bisa disimpulkan tingkat keberhasilan acara yang diadakan oleh Panitia Tahtiman Mutakhorijjin (PTM). Beliau juga memberikan waktu pada para audien untuk bertanya tentang kemusykilan qiro’atul kutub.
Setelah narasumber membacakan do’a maka ditutuplah acara ini dengan mushofahah dan sholat ashar berjama’ah dengan narasumber.

Good Lucky Toex Mutakhorijjin 2010/2011.


Oleh : Sie Dokumentasi PTM ‘10/’11 (31_5484n4)




0 komentar:


Posting Komentar